Beranda > Fokus, Games, Software > Emulator untuk memainkan Game PS2 di Komputer

Emulator untuk memainkan Game PS2 di Komputer

Sebelumnya mungkin anda sudah pernah mencoba software emulator Playstation1 semacam PSX Emulator, atau VGS. Namun bagaimana dengan emulator Playstation2.  Ada banyak jenis emulator ps2 dari berbagai developer namun yang menurut kami mendekati konsole ps2 adalah PCSX2. Seperti yang anda ketahui, komputer di desain untuk dapat melakukan berbagai peran device tertentu seperti vcd/dvd,mp3,recorder,dll tentu tidak mustahil untuk digunakan sebagai alat untuk memainkan game ps2. Sekarang bagaimana caranya?.

Jika anda mencoba memasukan DVD game ps2 ke DVD drive pada computer/laptop anda pasti tidak bisa dan jika anda mencoba membuka lewat klik kanan -> open pasti yang muncul file2 yg tdk dpt dimainkan. Nah untk dapat memainkan game ps2 di komputer anda diperlukan emulator ps2 yaitu terdiri dari 3 File

PertamaPCSX2 download disini

Untuk dapat memainkan game ps2 dengan baik. Berikut adalah spesifikasi komputer yang harus anda persiapkan
.Processor : intel pentium dual core atau diatasnya
.RAM minimal : 1GB(untuk XP) , 2GB (untk vista)
.VGA min : 256MB (Nvidia/Ati radeon)

Sebenarnya dengan spesifikasi pentium4 ,RAM512 ,VGA128 sudah dapat dimainkan namun hasil yang didapat kurang optimal.

KeduaBIOS download disini

BIOS disini adalah ps2 BIOS, anda perlu komponen penting yg satu ini jika tidak, emulator tdk  dapat dijalankan,  mengapa demikian karena dalam software PCSX2 tidak disertakan BIOS ps2 dan jika anda mencoba mencari di google pun sangat SULIT!.  Hal ini dikarenakan BIOS ps2 sudah dipatenkan oleh developer PS2 dan sangat ilegal untk menyebarkannya di internet. tapi disini anda bisa download BIOS gratis.

KetigaPLUGIN download disini

Plugin adalah komponen tambahan agar PCSX2 emulator bisa dimainkan dengan lebih baik diantaranya adalah plugin grafis, joystick, suara,dll

Jika semua yang dibutuhkan sudah anda download langkah selanjutnya adalah Mensetting PCSX2 emulator caranya:
Buka software PCSX2 anda dengan mengklik pcsx2.exe jika tidak bisa coba pcsx2t.exe (non VM version) akan ada 2 jendela yaitu untk setting dan output,berikut langkah2nya

1. Copy file BIOS ke folder bios di direktori pcsx2 lewat windows explore
Contoh: C:\program files\pcsx2\bios

2. Copy semua plugin ke folder plugins di direktori pcsx2 lewat windows explore
Contoh: C:\program files\pcsx2\plugins

3. Buka PCSX2 kemudian pilih config -> configure untk setting

4. Pilih set BIOS direktori dan set plugin direktori untuk menentukan lokasi dimana BIOS dan plugin disimpan
Contoh: C:\program files\pcsx2\bios
C:\program files\pcsx2\plugins

5. Lakukan configurasi plugin berikut.

Graphics
GSdx9 (MSVC 14.00, SSE2) 0.10.0
memerlukan DirectX terbaru dari microsoft ,jika anda malas mendownloadnya silahkan coba yg ZeroGS KOSMOS 0.97.1 pilih configure di sub menu graphics jika ingin mensetting plugin yg dipilih

Controller
Lilypad 0.9.2 kemudian pilih configure untuk menyesuaikan keyboard/USB joystick dengan tombol controler asli ps2 saya harap anda tidak bingung dalam mensetting ^ ^

CDDVD rom
P.Eop.S. CDDVD (CDDA mod) 1.3.0 pilih configure dan tentukan drive tempat DVD game ps2 dimasukan

USB
Qemu USB by Gigaherz 0.1.0
Digunakan untuk sambungan joystick USB

Sound
Inilah yg masih kurang dalam PCSX2 emulator yaitu kejernihan sound yg dihasilkan coba pilih yg dirasa cocok dgn telinga anda

Dev9
Masih bingung fungsinya buat apa pilih yg megaDev9 (yg terbaru) bagi yg tau maskudnya tolong beritahu yaw..

FireWire
Silahkan anda coba sendiri

BIOS
Pilih bios

Anda dapat merubah settingan sesuai selera anda jika semua sudah beres. Sekarang masukan DVD game ps2 anda dan pilih file -> run Jika berhasil maka game akan langsung dapat dimainkan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Kalou mau download PCSX2 full disini atau disini .

 

Sumber : http://hackcenter.wordlpress.com

About these ads
  1. jarwpejrpajw
    Desember 31, 2011 pukul 2:32 am | #1

    kalau amd athlon 64 bisa gak??

  2. Denny
    Januari 27, 2012 pukul 12:06 am | #2

    kalo wind7 bisaa?

  3. didit pengen tau
    Februari 24, 2012 pukul 10:05 am | #3

    comp sy celeronM bsa buat main ps2nya

  4. Fernando nugroho
    Maret 27, 2012 pukul 8:12 am | #4

    AHH,, ribet banget ya,,
    ada yang lebih simple gag??

  5. Maret 29, 2012 pukul 11:20 pm | #5

    lubukalung

  6. deniz
    April 8, 2012 pukul 2:02 pm | #6

    kalo mau nyari game nya gimana gan,, yg saya udh bisa kebuka. :)

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: